2.1 Biografi David A. Kolb
David A. Kolb lahir
pada tahun 1939 di Amerika. Dia adalah teoritikus pendidikan yang meneliti
dibidang kepentingan dan publikasi yang focus pada pengalaman belajar,
pengembangan sosial individu, pengembangan karir, dan pendidikanprofessional.
Dia adalah pendiri dan ketua Experience Based Learning System, Inc (EBLS) dan
profesor perilaku organisasi dalamWeatherheadSchool of Management di Case Western Reserve University,
Cleveland, Ohio.Kolb memperoleh gelar BA dari Knox College pada tahun 1961,
gelar MA pada tahun 1964 dan Ph.D. pada tahun 1967 dari Harvard University
dalam psikologi sosial.
Pada awal 1970-an, Kolb dan Ron Fry
(sekarang baik di Weatherhead School of Management ) mengembangkan Experiential
Learning Model (ELM), yang terdiri atas 4 elemen yaitu:pengalaman konkret,observasidanrefleksi padapengalaman itu,pembentukankonsep
abstrakberdasarkanrefleksi,dan
mengujikonsep-konsepbaru.
2.2 Teori Experiential Learning
Teori experiential learning
dikembangkan Kolb pada tahun 1970.Ada dua alasan mengapa teori ini disebut
experiental learning. Alasan yang pertama karena teori ini menekankan peran
sentral pengalaman dalam proses pembelajaran, penekanan ini yang membedakan
dengan teori belajar lainnya. Alasan
kedua karena teori iniasal intelektualnya
dalam karya pengalaman dari Dewey, Lewin, dan Piaget. Kolb mengatakan bahwa ia
tidak ingin mengembangkan alternative ketiga bagi teori pembelajaran behavioris
dan kognitif, melainkan hendak mengusulkan melalui teori pembelajaran
eksperiental sebuah perspektif integrative holistic tentang pembelajaran yang
menggabungkan pengalaman, persepsi, kognisi dan perilaku.
Dalam teori experiential learning,
Kolb mendefinisikan belajar sebagai proses di mana penegatahuan diciptakan
melalui transformasi pengalaman. Pengetahuan dianggap sebagai perpaduan antara
memahami dan mentransformasi pengalaman.Bagi Kolb pengalaman bukan pengetahuan
melainkan hanya fondasi bagi penciptaan pengetahuan. Teori ini kemudian menjadi
model dasar pembelajaran yang menekankan pada sebuah model pembelajaran yang
holistic dalam proses belajar dan pengalaman mempunyai peran sentral dalam
proses belajar.
download versi lengkap :
word :
word :
ijin download kk, terima kasih :)
BalasHapus