Selasa, 28 April 2015

Teori David Kolb


2.1 Biografi David A. Kolb
David A. Kolb lahir pada tahun 1939 di Amerika. Dia adalah teoritikus pendidikan yang meneliti dibidang kepentingan dan publikasi yang focus pada pengalaman belajar, pengembangan sosial individu, pengembangan karir, dan pendidikanprofessional. Dia adalah pendiri dan ketua Experience Based Learning System, Inc (EBLS) dan profesor perilaku organisasi dalamWeatherheadSchool of Management di Case Western Reserve University, Cleveland, Ohio.Kolb memperoleh gelar BA dari Knox College pada tahun 1961, gelar MA pada tahun 1964 dan Ph.D. pada tahun 1967 dari Harvard University dalam psikologi sosial.
Pada awal 1970-an, Kolb dan Ron Fry (sekarang baik di Weatherhead School of Management ) mengembangkan Experiential Learning Model (ELM), yang terdiri atas 4 elemen yaitu:pengalaman konkret,observasidanrefleksi padapengalaman itu,pembentukankonsep abstrakberdasarkanrefleksi,dan mengujikonsep-konsepbaru.

 
2.2 Teori Experiential Learning
Teori experiential learning dikembangkan Kolb pada tahun 1970.Ada dua alasan mengapa teori ini disebut experiental learning. Alasan yang pertama karena teori ini menekankan peran sentral pengalaman dalam proses pembelajaran, penekanan ini yang membedakan dengan teori belajar lainnya. Alasan kedua karena teori iniasal intelektualnya dalam karya pengalaman dari Dewey, Lewin, dan Piaget. Kolb mengatakan bahwa ia tidak ingin mengembangkan alternative ketiga bagi teori pembelajaran behavioris dan kognitif, melainkan hendak mengusulkan melalui teori pembelajaran eksperiental sebuah perspektif integrative holistic tentang pembelajaran yang menggabungkan pengalaman, persepsi, kognisi dan perilaku.
Dalam teori experiential learning, Kolb mendefinisikan belajar sebagai proses di mana penegatahuan diciptakan melalui transformasi pengalaman. Pengetahuan dianggap sebagai perpaduan antara memahami dan mentransformasi pengalaman.Bagi Kolb pengalaman bukan pengetahuan melainkan hanya fondasi bagi penciptaan pengetahuan. Teori ini kemudian menjadi model dasar pembelajaran yang menekankan pada sebuah model pembelajaran yang holistic dalam proses belajar dan pengalaman mempunyai peran sentral dalam proses belajar.

download versi lengkap :
word :

1 komentar: